“Klinik
Pemanfaatan Pekarangan & Lahan Sempit”
BALAI PENYULUHAN
PERTANIAN PERIKANAN & KEHUTANAN
BP3K KECAMATAN
MASAMBA
Oleh :
Buana Rahman, S.Pt., MP.
Sebagai
unit pelayanan publik pada instansi pemerintah Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kec. Masamba
dalam menjalankan fungsinya bertujuan untuk memberikan pelayanan yang efektif
dan efisien. Penyuluhan dianggap efektif
dan efisien apabila inovasi dan transfer teknologi dapat diterima dan
diterapkan oleh pelaku utama dan pelaku usaha.
|
Penyuluhan yang telah
dilakukan selama ini terutama mengenai pemanfaatan lahan pekarangan sudah
sering dilakukan di lapangan dengan menggunakan berbagai media penyuluhan
seperti brosur, leaflet dsb.
Layanan bimbingan teknis kepada
petani diberikan kepada orang per orang atau kelompok taniseperti pengujian
kesesuai lahan dengan perangkat uji tanah sawah/kering, bimbingan teknis mulai
persiapan persemaian, pengendalian hama dan penyakit, panen dan pascapanen
hingga analisa usaha. Waktu dan lamanya
bimbingan disesuaikan dengan jenis komoditi dan kebutuhan petani yang
menggunakan.
|
Dalam melakukan pelayanan
BP3K Kec. Masamba selain memberikan bimbingan kepada petani dan kelompok tani,
juga memberikan bimbingan khusus kepada
ibu-ibu kelompok wanita tani. Pelayanan
bimbingan selain dilakukan di BP3K juga kunjungan langsung ke rumah-rumah/
lapangan. Hal ini dikarenakan peran
ibu-ibu sangat sentral bagi keluarga sehingga diberikan layanan khusus
kunjungan anjangsana, dalam mengelolah dan memanfaatkan lahan pekarangan
sebagai sumber pangan dan pendapatan.
Gbr. 3. Bimbingan teknis dalam pembuatan dan
persiapan tempat persemaian tanaman sayuran khusus bagi ibu-ibu wanita tani.
|
Gbr. 4.
Bimbingan teknis pemanfaatan mulsa pada tanaman sayuran kepada ibu-ibu
wanita tani.
|
Inovasi yang dilakukan oleh BP3K Kec. Masamba telah berjalan lebih kurang setahun dan telah dilakukan evaluasi baik melalui kuisoner maupun secara online ( sms, e-mail dsb). Perbaikan dan peningkatan mutu layanan tidak henti-hentinya kami lakukan agar inovasi kami mencapai sasaran dan tujuan yang kita harapkan bersama.
Untuk
menjamin dan tetap berjalannya pelaksanaan sesuai dengan standar pelayanan dan
untuk meminta umpan balik masyarakat secara aktif sebagai masukan perbaikan
pelayanan secara mingguan telah disediakan kotak pengaduan/saran yang dipasang
diteras BP3K kecamatan Masamba.
Masamba, Januari 2015
Masamba, Januari 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar