Sabtu, 12 September 2015

INOVASI PELAYANAN PUBLIK

“Klinik Pemanfaatan Pekarangan & Lahan Sempit”
BALAI PENYULUHAN PERTANIAN PERIKANAN & KEHUTANAN
BP3K KECAMATAN MASAMBA



Oleh :
 Buana Rahman, S.Pt., MP.


Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan adalah kelembagaan penyuluhan tingkat kecamatan sebagaimana yang telah diatur didalam Undang-undang No.16 Tahun 2006 tentang Sistim Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (SP3K). Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) menurut undang-undang mempunyai fungsi antara lain menyediakan dan menyebarkan informasi teknologi, sarana produksi, pembiayaan dan pasar.  Menfasilitasi pengembangan kelembagaan dan kemitraan bagi pelaku utama dan pelaku usaha.
Sebagai unit pelayanan publik pada instansi pemerintah Balai Penyuluhan Pertanian  Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kec. Masamba dalam menjalankan fungsinya bertujuan untuk memberikan pelayanan yang efektif dan efisien.  Penyuluhan dianggap efektif dan efisien apabila inovasi dan transfer teknologi dapat diterima dan diterapkan oleh  pelaku  utama dan pelaku usaha. 

Gbr. 1.  Pemanfaatan wadah bekas sebagai pot pada   tanaman pekarangan

Penyuluhan yang telah dilakukan selama ini terutama mengenai pemanfaatan lahan pekarangan sudah sering dilakukan di lapangan dengan menggunakan berbagai media penyuluhan seperti brosur, leaflet dsb.  

Oleh karena itu BP3K Kec. Masamba telah mencoba untuk membuat dan memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan sempit sebagai tempat percontohan dan sekaligus bimbingan teknis (coaching clinic) bagi petani dan masyarakat umumnya.  
 Layanan bimbingan teknis kepada petani diberikan kepada orang per orang atau kelompok taniseperti pengujian kesesuai lahan dengan perangkat uji tanah sawah/kering, bimbingan teknis mulai persiapan persemaian, pengendalian hama dan penyakit, panen dan pascapanen hingga analisa usaha.   Waktu dan lamanya bimbingan disesuaikan dengan jenis komoditi dan kebutuhan petani yang menggunakan.      


Gbr. 2.  Pemanfaatan lahan sempit dengan cara menanam tanaman hortikultura disela-sela tanaman perkebunan dapat mengoptimalkan fungsi lahan.
                    Dalam melakukan pelayanan BP3K Kec. Masamba selain memberikan bimbingan kepada petani dan kelompok tani, juga  memberikan bimbingan khusus kepada ibu-ibu kelompok wanita tani.  Pelayanan bimbingan selain dilakukan di BP3K juga kunjungan langsung ke rumah-rumah/ lapangan.   Hal ini dikarenakan peran ibu-ibu sangat sentral bagi keluarga sehingga diberikan layanan khusus kunjungan anjangsana, dalam mengelolah dan memanfaatkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan pendapatan.


Gbr. 3.  Bimbingan teknis dalam pembuatan dan persiapan tempat persemaian tanaman sayuran khusus bagi ibu-ibu wanita tani.
   
 


Gbr. 4.  Bimbingan teknis pemanfaatan mulsa pada tanaman sayuran kepada ibu-ibu wanita tani.


      Inovasi yang dilakukan oleh BP3K Kec. Masamba telah berjalan lebih kurang setahun dan telah dilakukan evaluasi baik melalui kuisoner maupun secara online    ( sms, e-mail dsb).  Perbaikan dan peningkatan mutu layanan tidak henti-hentinya kami lakukan agar inovasi kami mencapai sasaran dan tujuan yang kita harapkan bersama.
Untuk menjamin dan tetap berjalannya pelaksanaan sesuai dengan standar pelayanan dan untuk meminta umpan balik masyarakat secara aktif sebagai masukan perbaikan pelayanan secara mingguan telah disediakan kotak pengaduan/saran yang dipasang diteras BP3K kecamatan Masamba.   




Masamba,             Januari  2015



Tidak ada komentar: